Kelayakan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Keywords: Media Pemebelajaran, Monopoli, Biologi

Abstract

Kesalahan klasik yang selalu muncul dalam memahami mata pelajaran biologi adalah karena banyak peserta didik menganggap biologi sebagai pelajaran yang membosankan.Selain itu, menurut hasil wawancara dengan salah satu guru IPA, menyatakan bahwa pada cabang ilmu biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan adalah salah satu materi yang paling sulit dipahami oleh siswa. Hal ini dikarenakan mempelajari materi ini secara detail memerlukan alat bantu (mikroskop) yang hasil pengamatannya belum tentu mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, selama ini media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Berdasarkan pernyataan di atas, maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dan pemahaman siswa dalam mempelajari materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran monopoli terhadap  materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan statistika. Berdasarkan hasil kuisioner terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Hasani maka didapatkan nilai rata-rata dari analisis kelayakan  adalah 90,27% yang tergolong sangat baik.

References

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., Sumardani, D. (2020). Media Pembelajaran Monopoli : Media Edukasi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149.

Maskur, R., Supriyadi, S., & Mutiara, E. B. (2018). Model Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry Laboratory Untuk Pembelajaran Biologi. Lectura : Jurnal Pendidikan.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban.

Purwanto, M., Sari, I. M., & Husna, H. N. (2012). Implementasi Permainan Monopoli Fisika Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Mengetahui Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 69.

Rohman, M. A., & Mutmainah, S. (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas VI SDN Tanamera I. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(1), 47–56.

Rosita, Aisah, S., & Ajie S. (2018). Monopoli Polusi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Materi Polusi Udara Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 162. Jurnal Risenologi, 3(1), 27-30.

Siskawati, M., Pargito, P., & Pujiati, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 72–80.

Siutriani, N. W., Arini, N. W., & Garminah, N. N. (2016). Penerapan Model Course Review Horay Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Suciati, S., Septiana, I., Fita, M., & Untari, A. (2016). Efektivitas Media Monopoli Berbahasa (Monosa) Dalam. 3(2), 136–150.

Susanto, A., Raharjo, & Prastiwi, M. S. (2012). Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA Kelas XI IPA. BioEdu 1(1).

Published
2020-04-24
How to Cite
Andriyani, F., Saraswati, R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Kelayakan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Risenologi : Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, Dan Bahasa, 5(1), 20-25. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.60

Most read articles by the same author(s)