Analisis Sifat Fisika dan Derajat Keasaman terhadap Kualitas Air Minum Isi Ulang 20 Rumah RW 01 di Kampung Cilember Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor

  • Bina Permana Universitas Negeri Jakarta
  • Devi Indrawati Syafei Universitas Negeri Jakarta
  • Hilman Syafei Universitas Negeri Jakarta
  • Okta Olifvia Universitas Negeri Jakarta
  • Novita Cahyani Fitri Universitas Negeri Jakarta
  • Neha Rendita Sundari Universitas Negeri Jakarta
  • Wildan Sahari Universitas Negeri Jakarta
  • Diliviva Venesia Universitas Negeri Jakarta
  • Alivia Nur Aini Universitas Negeri Jakarta
  • Brigita Olivia Gamellia Universitas Negeri Jakarta
  • Katipah Katipah Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Arif Universitas Negeri Jakarta
  • Aprillia Anggraani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Refilled Water, Chemical Properties, TDS

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang berperan penting dalam kehidupan setelah udara, salah satu peran terpentingnya adalah untuk dikonsumsi. Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kualitas air minum khususnya isi ulang yang dikonsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas air minum isi ulang beberapa Rumah di RW 01 Kampung Cilember Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor terhadap hasil uji sifat fisika dan derajat keasamannya. Metode penelitian yang dilakukan dalam pengambilan sampel air minum adalah metode sampel gabungan tempat atau integrated sampel, terdapat 20 rumah warga dilakukan pengambilan sampel air untuk diukur kualitas secara fisika (warna, bau, rasa, TDS dan suhu) dan secara kimia (pH atau derajat keasaman). Berdasarkan hasil pengujian, terdapat 5 rumah yang memenuhi standar kualitas air minum isi ulang dari 20 rumah warga yang diuji. Hal tersebut dapat dilihat dari parameter standar yang berlaku dengan kisaran pH antara 6,5-8,5, TDS rata-rata 600-900 ppm, suhu ±3oC suhu udara, serta tidak memiliki bau, rasa, dan warna.

References

Amani, Fauzi dan Prawiroredjo, Kiki. (2016). Alat Ukur Kualitas Air Minum dengan Parameter pH, Suhu, Tingkat Kekeruhan dan Jumlah Padatan Terlarut. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 14(1): 49-62.

Azwir. (2006). Analisis Pencemaran Air Sungai Tapung Kiri oleh Limbah Pabrik Kelapa Sawit PT. Peputra Masterindo di Kabupaten Kampar. Tesis, MIL Undip.

Effendi,H.(2003).Telaah Kualitas Air Bagi Pengeloloaan Sumber Daya Dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Kanisius

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Krisyanella Dkk. (2010). Penentuan Kadar Beberapa Mineral dan Keasaman Serta Uji Bakteriologi dari Beberapa Air Minum Isi Ulang di Siteba Kota Padang. Jurnal Farmasi Higea, 2(2).

Maria, R. W., And Margareth Sapulete, J. P. (2016). Gambaran Kualitas Air Minum dari Depot Air Minum Isi Ulang Di Kelurahan Ranotana-Weru dan Kelurahan Karombasan Selatan Menurut Parameter Mikrobiologi. Kedokteran Komunitas Dan Tropik, 4.

Mukti AM. (2008). Penggunaan Tanaman Eceng Gondok (Eichhorniacrassipes) sebagai Pre-Treatment Pengolahan Air Minum pada Air Selokan Mataram. Laporan Tugas Akhir, Universitas Islam Indonesia Jogjakarta.

Navis Mirza, Muhammad. (2014). Hygiene Sanitasi Dan Jumlah Coliform Air Minum. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2).

Ningrum S O. (2018). Analisis Kualitas Badan Air Dan Kualitas Air Sumur. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10(1).

Pratiwi A W. (2007). Kualitas Bakteriologis Air Minum Isi Ulang Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 2(2).

Santoso R dan Husni A. (2008). Sebaran TDS, DHL, Penurunan Muka Air Tanah dan Prediksi Instruisi Air Laut di Kota Tanggerang Selatan. Skripsi, Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.

Soedibyo. (2003). Teknik Bendungan. Jakarta : Pradnya Paramita

Sosrodarsono, Suyono. (1983). Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta: Pradnya Paramita

Sudadi P. (2003). Penentuan Kualitas Air Tanah Melalui Analisis Unsur Kimia Terpilih. Buletin geologi tata lingkungan, 13(02): 81-89.

Suripin. (2001). Pelestarian Sumber Daya Tanah Dan Air. Yogyakarta: Andi.

Suryana, R. (2013). Analisis Kualitas Air Sumur Dangkal Di Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Tesis. Semarang: Program Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Yusuf, Y. (2012). Teknologi Pengolahan Air Tanah Sebagai Sumber Air Minum Pada Skala Rumah Tangga. Jurnal Farmasi dan Sains, IV (02): 63-71.

Published
2020-04-30
How to Cite
Permana, B., Syafei, D., Syafei, H., Olifvia, O., Fitri, N., Sundari, N. R., Sahari, W., Venesia, D., Aini, A. N., Gamellia, B. O., Katipah, K., Arif, M., & Anggraani, A. (2020). Analisis Sifat Fisika dan Derajat Keasaman terhadap Kualitas Air Minum Isi Ulang 20 Rumah RW 01 di Kampung Cilember Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Risenologi : Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, Dan Bahasa, 5(1), 64-69. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.82