PANDANGAN ANGGOTA ROHIS SMA TENTANG RADIKALISME AGAMA (STUDI KOMPARATIF ROHIS SMA LABSCHOOL JAKARTA DAN SMKN 26 JAKARTA DI RAWAMANGUN)

Authors

  • Dirana Sofiah Suryaningrum

DOI:

https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2017.22.15

Keywords:

Pandangan, Radikalisme Agama, Rohis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis Pandangan Anggota Rohis SMA Tentang Radikalisme Agama (Studi Komparatif Rohis SMA Labschool Jakarta dan SMKN 26 Jakarta di Rawamangun). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan teori Agus SB dan Armahedi Mahzar tentang pengertian radikalisme agama dan faktor-faktor yang menyebabkannya yaitu, absolutisme, eksklusivisme, fanatisme, ekstremisme dan agresivisme. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 75% pengurus Rohis SMA Labschool Jakarta berpandangan bahwa radikalisme agama adalah suatu pemahaman agama Islam yang dangkal dan ekstrem dengan memperjuangkan ajaran Islam melalui jalan pemaksaan atau kekerasan sedangkan pengurus Rohis SMKN 26 Jakarta 68% menyetujui pernyataan tersebut. Sedangkan pandangan bahwa radikalisme agama Islam adalah suatu pemahaman agama Islam dengan beragama yang mendalam dan mendasar serta memperjuangkan ajaran Islam secara damai menghasilkan persetujuan dengan persentase pada SMKN 26 Jakarta 41% lebih tinggi dibandingkan dengan persentase SMA Labschool Jakarta yaitu 4%. Secara garis besar karakteristik islam radikal dalam pandangan pengurus Rohis SMKN 26 Jakarta didominasi oleh fanatisme dengan sebesar 55% dan pandangan pengurus Rohis SMA Labschool Jakarta secara garis besar didominasi oleh absolutisme, fanatisme, dan eksklusivisme yaitu sebesar 46%. Pandangan pengurus Rohis mengenai radikalisme agama perlu lebih diperdalam denga pengetahuan penyebab munculnya radikalisme dan upaya upaya deradikalisasi. Sehingga Rohis dapat dijadikan acuan dalam deradikalisasi di Sekolah.

Published

2018-11-29

How to Cite

Suryaningrum, D. S. (2018). PANDANGAN ANGGOTA ROHIS SMA TENTANG RADIKALISME AGAMA (STUDI KOMPARATIF ROHIS SMA LABSCHOOL JAKARTA DAN SMKN 26 JAKARTA DI RAWAMANGUN). Risenologi, 2(2), 90–97. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2017.22.15

Issue

Section

Table of Contents